asam urat ( uric acid)



ASAM URAT





ASAM URAT

A.    Pengertian
Asam Urat adalah zat hasil metabolisme purin dalam tubuh. Asam  urat biasa nya di keluarkan oleh ginjal melalui urine dakam kondisi normal. Dalam kondisi tertentu ginjal tidak mampu mengeluarkan zat asam urat secara seimbang sehingga terjadi kelebihan dalam darah. Kelebihan zat asam urat akan menumpuk dan tertimbun pada persendian termasuk ginjal dalam bentuk Kristal.
Penumpukan Kristal-kristal asam urat pada persendian inilah yang akhir nya menyebabkan persendian menjadi nyeri dan bengkak atau meradang. Ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkan zat asam urat dalam darah di antara nya di sebabkan oleh ginjal itu sedang bermasalah.
B.     Gejala
1.      Tahap pertama
Tahap pertama disebut tahap Artritis gout akut atau  peradangan asam urat akut. Pada tahap ini penderita akan mengalami serangan arthritis yang khas dan serangan tersebut akan menghilang tanpa pengobatan dalam waktu 5-7 hari, Karena cepat menghilang maka penderita sering menduga kaki nya kesleo atau terkena infeksi sehingga tidak menduga terkena penyakit asam urat dan tidak melakukan pemeriksaan lanjutan. Serangan pertama ini sangat singkat waktu nya dan sembuh sendiri.
Setelah serangan pertama, penderita akan masuk pada gout intekritikal. Pada keadaan ini penderita dalam keadaan sehat selama jangka waktu tertentu. Jangka waktu antara seseorang dengan orang lain nya berbeda, ada yang hanya 1 tahun, ada pula yang 10 tahun, tetapi rata-rata berkisar 1-2 tahun.



2.      Tahap kedua
Gejala atau  tanda asam  urat tahap kedua disebut sebagai tahap arthritis gout akut intermiten. Setelah melewati masa gout intertritikal selama bertahun-tahun tanpa gejala yang berarti, penderita akan memasuki tahap ini, di tandai dengan serangan arthritis atau peradangan yang khas. Selanjut nya penderita akan memasuki tahap ini, di tandai dengan serangan (kambung) yang jarak antara serangan yang satu dan serangan berikut nya makin lama makin rapat dan lama, serangan makin lama makin panjang, serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.
Pada tanda dan gejala asam urat tahap kedua inilah penderita baru menyadari kalau dia terkena penyakit asam urat. Penanganan pada tahap kedua ini tentu akan lebih sulit daripada tahap pertama.

3.      Tahap ketiga
Disebut sebagai tahap arthritis gout kronik bertofus. Tahap ini terjadi bila penderita telah menderita sakit selama 10 tahun atau lebih. Pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang disebut tofus. Tofus ini berupa benjolan keras yang berisi serbuk seperti kapur yang merupakan Kristal monosodium urat. Tofus ini mengakibatkan kerusakan pada sendi dan tulang sekitar nya. Tofus pada kaki yang besar dan banyak akan mengakibatkan penderita tidak menggunakkan sepatu lagi.
C.    Pencegahan
a)      Factor primer penyebab asam  urat dan pencegahan nya
1.      Potensi genetic
Bersifat turunan pada seseorang yang memang dari segi gen dia punya potensi untuk mengidap penyakit asam urat. Hal ini masih dapat diatasi bila penderita dapat mengendalikan factor lain dari luar seperti asupan makanan.
2.      Keseimbangan hormon
Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh akan mempengaruhi system kerja tubuh berjalan tidak sebagaimana mesti nya dan dapat mempengaruhi proses pembentukan purin dalam tubuh menjadi meningkat yang hasil samping nya jg akan meningkatkan zat asam urat. Pada dasar nya tubuh sudah mampu memproduksi purin sampai 185% kebutuhan tubuh. Akibat ketidakseimbangan hormone, produksi urine dapat meningkat berkali-kali.


Ketidakseimbangan hormone sangat di pengaruhi oleh :
a.    Ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang tidak teratur.
b.   Penumpukan racun dalam tubuh.
c.    Radikal bebas
Cara mengatasi :
·            Selalu menjaga emosi dan selalu berpikir positif.
·            Lakukan pola hidup yang baik dengan menyeimbangkan masa aktif dan istirahat.
·            Lakukan detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dalam tubuh.
3.      Pengeluaran asam urat terganggu di ginjal
Penyebab nya adalah produksi asam urat yang tinggi sehingga ginjal tidak bias mengeluarkan nya atau bisa jadi asam urat nya yang di produksi normal tapi kondisi ginjal sedang buruk.

Cara mengatasi nya :
·         Menjaga kesehatan ginjal.
·         Hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung purin.
b)      Factor sekunder penyebab asam urat dan pencegahannya
1.      Mengkonsumsi makanan tinggi purin
Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumsi nutrisi yang tinggi kadar purinnya. Tingginya purin dalam darah tentu akan menaikkan hasil samping dari metabolism zat tersebut yaitu zat asam urat. Hal ini dapat dicegah dengan menghindari makanan yang tinggi kadar purinnya.
2.      Alkohol dan obat-obatan kimia
Alkohol juga mengandung purin. Selainitu, alcohol akan memicu pengeluaran cairan sehingga meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Alcohol juga dapat memicu enzim tertentu dalam liver yang mencegah protein dan menghasilkan lebih banyak asam urat.
Alcohol juga menyebabkan pembuangan asam lewat urin terganggu sehingga asam urat tetap bertahan dalam darah. Demikian juga obat-obatan kimia. Di satu sisi obat-obatan kimia bisa membantu menyembuhkan penyakit tapi di sisi lain juga dapat berbahaya  bagi tubuh.
Cara pencegahannya :
·         Hindari minuman beralkohol.
·         Hindari sebisa mungkin obat-obatan kimia kecuali kondisi darurat. Gunakan obat-obatan herbal sebagai alternative utama.

D.    Pemeriksan    :
v  Metode : Enzimatis kolorimetris
v  Tujuan : Untuk mengetahui kadar asam urat dalam darah yang dinyatakan dalam mg/dl
v  Prinsip : Penentuan uric acid dengan reaksi uricase. H2O2 yang terbentuk bereaksi dibawah hidrolisa peroksidase dengan 3,5-dichloro-2-hydroxybenzenesulfonic acid dan 4-aminophenazone membentuk quinoneimine yang berwarna merah violet sebagai indikator   
v  Alat dan bahan    :
-          Fotometer
-          Micropipette 1000 µl dan 20 µl
-          Tabung reaksi pendek
-          Reagen asam urat
-          Yellow tip
-          Blue tip



v  Cara kerja
Pipet
Blanko
standard
Sampel
Blanko
1000µl
1000µl
1000µl
Standard
-
20µl
-
sampel
-
-
20µl
Campur, inkubasi selama 10 menit pada suhu 37ºC. Baca hasil menggunakan fotometer.

Panjang gelombang    : 546 nm
Factor                         : 840
Program                     : c/st
E.     Harga normal :
·         Pria : 3,4-7,0 mg/dl
·         Wanita : 2,4-5,7 mg/dl
·         Urine : 250-750 mg/dl


Comments

Popular posts from this blog

pemeriksaan kadar albumin darah

HEMATOLOGI HEMOSTASIS

kimia darah bilirubin